Wednesday, October 7, 2015

Skin Care Journey with Erha Apothecary Supermall Karawaci Pt.3

Agustus kemarin (LOL, dibilang kemarin juga udah lewat hampir 2 bulan) aku check-up lagi ke Erha. Cuma check up biasa kalo menurut aku, soalnya emang kondisi kulit sudah sangat oke, imho. Masih suka keluar jerawat kecil, tapi itu juga keluar cuma pas menstrual cycle aja.

Waktu check up dengan Dr. Dian juga beliau bilang kulit aku udah ga problem lagi. Tinggal sisa sedikit dipinggir hidung. Bisa hilang dengan sendirinya.
Nah, karena itu Dr. Dian kasi aku perubahan untuk resep krim muka aku.
Pagi & Siang: Erha 2 + Acne Moisturizer Gel 2 + Perfect Shield
Malam: Erha 2 + Corective Cream 5 mix dengan Evening Corrective Cream 1.
Aku sempet tanya ke Dr. Dian perihal perubahan krim malamnya. Nah, katanya itu krim memang bagus untuk menghilangkan kemerahan dan iritasi, tapi emang gaboleh dipake kelamaan. Makanya harus diganti begitu kondisi muka membaik.

Sebelum pulang seperti biasa, aku dikasi tau kapan harus check up. Kali ini setelah 3 bulan, bukan sebulan seperti biasanya. Senang, tapi yang sempat membuat ragu itu komentar dokternya yang bilang "mestinya sih gak apa-apa ya." Yang gini ini yang bikin deg-deg-ser. Lah kalo kenapa-kenapa? Hahahaha

Karena dokternya bilang aku boleh ganti ke regime yang baru setelah obat yang sedang dipakai habis, aku putuskan untuk ganti secara bertahap. AMG 8 jelas habis lebih dulu, berhubung moisturizer dipakai hampir setiap kali. Jadi aku langsung ganti ke AMG 2 kurang lebih 1 minggu setelah kunjungan dokter. Pendapat aku soal AMG 2 adalah, baunya itu enggak enak. Pertamanya sih aku miriknya ini krim rusak atau bagaimana. Soalnya emang beda banget sama AMG 8. Hahaha. Ternyata enggak sih. Soalnya aku udah 2 kali beli AMG 2 dan emang keduanya baunya begitu.

Setelah ganti moisturizer ke AMG 2, tidak ada perubahan yang signifikan sih. Kondisi kulit masih tetap halus. Cuma memang kulit jadi enggak terlalu berminyak, soalnya AMG 2 memang enggak se moist AMG 8. Mungkin Dr. Dian respon ke komen aku yang bilang muka jadi sangat berminyak setelah pakai krim. Makanya moisturizernya diganti ke yang lebih mild. Toh mukanya sudah ga bermasalah.

Mengikuti si AMG 8, krim malam Erha 5 yang sedang aku pakai mulai menipis. Nah. Disini aku putuskan untuk langsung pindah ke ECC 1. Kenapa? Karena aku takut ada trouble dengan krim yang baru. Jadi paling enggak kalau kulitnya breakout lagi, aku bisa balik ke regime lama.

Aku pakai krim yang baru ini sehari, dua hari. Ga ada masalah. Setelah 3 hari keluar jerawat-jerawat kecil di daerah pipi. Pas di bagian yang dulu kering bermasalah (kayaknya memang itu bagian muka aku yang paling sensitif). Pertamanya aku pikir, wah karena makan cookies kacang di kantor. Soalnya memang aku gampang jerawatan kalo kebanyakan makan kacang. Tapi makin lama kok makin banyak? Dan kulitnya jadi gatal + kering. Kering persis kayak masa-masa pertama aku paka obat Erha.

Udah mulai curiga ini gara-gara si ECC 1. Eh bener aja. Waktu aku mau pakai krim malam lagi sebelum tidur, mulai terasa perih-perih seperti waktu pakai evalene gel dulu. Langsung aku cuci muka, dan stop pakai ECC 1. Aku stop pakai krim malam kurang lebih 4 hari ini. Jadi pagi sampai malam aku cuma pakai AMG 2. Mau balik ke Erha 5 juga agak seram, soalnya kondisinya bukan kering seperti waktu iritasi.

Sekarang, kurang lebih 2 bulan setelah pertama transisi ke regime baru, 70% muka aku kering dan kelihatan bersisik. Harusnya check up masi sebulan lagi, apa boleh buat. Sabtu besok terpaksa harus ke dokter lagi. Memang sekarang aku mulai balik Erha 5 (mulai hari ini ketika pos ini aku publish), tapi aku takutnya erha 5 pun gak cocok untuk problem kulit aku yang sekarang. Jerawatnya memang mulai kering dan hilang, tapi keringnya tetap ada, malah makin banyak.

Nanti kalau aku sudah check-up dokter lagi, aku coba post update untuk kondisi kulit aku ya.
Ada yang perawatan di Erha dan kondisi kulitnya relapse setelah ganti regime juga?